| Rasio Kompresi | |
|
+14nensrock mbah_bejo Dj Adja blckprd tomkrutz adhiet_bandhiet d_jackal13 areyou_muttt wirajaya eudea bramoholic apip w4hy0u erwe 18 posters |
|
Pengirim | Message |
---|
erwe Moderator
Jumlah posting : 497 Points : 2311 Registration date : 10.04.08
| Subyek: Rasio Kompresi Wed Dec 17, 2008 11:52 pm | |
| Mungkin sebagian dari kita dah ngerti cara menghitung rasio kompresi.. Langsung saja.. Dari rumus di wikipedia (tanpa piston volume) : b = cylinder bore (diameter) s = piston stroke length Vc = volume of the combustion chamber (including head gasket). This is the minimum volume of the space into which the fuel and air is compressed, prior to ignition. Because of the complex shape of this space, it usually is measured directly rather than calculated. Dengan piston Volume CR=(Vc+(D-PV))/Vc-PVCR = Compression Ratio Vc = volume of the combustion chamber (including head gasket). D = Displacement. PV = Piston Volume Kenapa ada piston Volume? Karena jika aplikasi Flat top piston maka gak ada masalah, namun jika masang piston cekung atau cembung (jenong) maka Volume silinder atau displacement tentu berubah karena dikurangi/ ditambahi oleh cekungan dan cembungan piston crown.. Ato rumus simpelnya.. Volume Silinder + Volume Ruang bakar (termasuk ketebalan gasket) / Volume Ruang bakar.. Misal Scorpio saya.. Displacement (Volume silinder) = 223 cc Volume Chamber (ruang bakar) = 22.069 cc Volume Gasket (tebal 1.1mm) = 4.231 cc Piston Volume = 0 cc (Flat, gak dihitung) Maka rasio kompresinya adalah : 223 + (22.069+4.231) / (22.069+4.231) 223 + 26.3 / 26.3 249.3 / 26.3 = 9.47 dibulatkan jadi 9.5 : 1 Sesuai spek di brosur.. Rumus diatas adalah apa yg dinamakan RASIO KOMPRESI STATIS.. | |
|
| |
w4hy0u Five Stars Brother
Jumlah posting : 2027 Age : 38 Location : yogyakarta Job/hobbies : mahasiswa Humor : apa ajah..... Points : 242 Registration date : 22.08.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Wed Dec 17, 2008 11:55 pm | |
| sih ra mudeng ki mas erwe | |
|
| |
apip Moderator
Jumlah posting : 1332 Age : 39 Location : Yogyakarta, I.D. Job/hobbies : tertawa,huahahahaha.. Points : 2587 Registration date : 06.09.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Wed Dec 17, 2008 11:57 pm | |
| wah gambus... opo iki dab... aku ngerti dadi wae... xixixixixixi... | |
|
| |
erwe Moderator
Jumlah posting : 497 Points : 2311 Registration date : 10.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 12:00 am | |
| Bos-bos pasti dah tahu cara ngitung Volume silinder atau displacement kan? Rumusnya, 3.14 X Bore X Bore X Stroke / 4000 Misal scorpio saya lagi.. Bore = 70 mm Stroke = 58 mm Jadi, 3.14 X 70 X 70 X 58 / 4, ketemunya 223 cc tadi.. Tetapi, pernah baca kurva Cam, seperti ini? Ato punya Kharisma di bawah ini? Klep masuk buka 2° sebelum TMA, nutup 25° sesudah TMBKlep buang buka 34° sebelum TMB, nutup 0° sesudah TMA Ato Kawasaki athlete ini.. Inlet : Buka : 20⁰ sebelum TMA Tutup : 60⁰ setelah TMBDurasi : 260⁰ Exhaust : Buka : 55⁰ sebelum TMA Tutup : 25⁰ setelah TMB Durasi : 260⁰ Yang saya BOLD adalah inlet nutup (intake closing).. SELALU menutup setelah TMB.. Padahal, rumus volume silnder, menggunakan Stroke (180 derajat crack setelah TMA, 0 derajat TMB) yg full.. alias dalam scorpio saya 58 mm.. Dimana saat itu, KLEP HISAP MASIH MEMBUKA.. bagaimana piston mengkompresi jika klep hisap masih membuka??Nah, karena saya blom tahu (blom punya datanya) kapan klep hisap scorpio menutup.. Saya trus mencoba mbongkar mesin tepat setelah klep hisap menutup.. jadi posisi piston di silinder seberapa.. (diukur dengan dial gauge, blom punya busur derajat) lalu ane ukur pake sigmat.. Berapa Stroke YANG SISA, setelah klep hisap menutup.. supaya bisa dicari Rasio Kompresi Efektifnya.. Disebut Efektif karena baru saat itu Piston benar-benar meng kompresi.. Disebut juga Rasio Kompresi DINAMISKetemu STROKE setelah klep hisap menutup adalah 25.4mm!! (Hampir setengah stroke) Volume efektif jadinya (saat kompresi) 3.14 X 70 X 70 X 25.4 / 4 = 97.576ccRasio Kompresi efektif (Volume silinder + Volume chamber dibagi volume chamber) = 98cc + 26.3cc / 26.3cc = 4.73 Ketemu kan Rasio Kompresi efektifnya? CUMAN 4.7 : 1NB : sebenarnya ada rumus Rasio Kompresi Dinamis, tapi harus punya data selain inlet nutup juga panjang setang piston (con rod), ini rumusnya.. Rc = {Vrb + [R + L - (R x cos q) - (L x sin (arc cos (R x L x sin q)))]}/Vrb Vrb = Volume ruang bakar R = stroke/2 L = panjang ConRod q = 180 - (klep in nutup) coba link ini simpelnya.. http://www.rbracing-rsr.com/comprAdvHD.htm http://www.wallaceracing.com/dynamic-cr.php | |
|
| |
erwe Moderator
Jumlah posting : 497 Points : 2311 Registration date : 10.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 12:03 am | |
| Cara diatas (Rasio Kompresi DINAMIS), adalah cara yang sama dengan pengukuran Rasio kompresi pada mesin 2 Tak.. Ingat, 2 Tak intake nya adalah berupa lubang di dinding silinder.. Nah pada mesin pabrikan Jepang, mereka mengukur rasio kompresi menggunakan stroke saat piston telah melewati lubang intake.. Jika Ninja, RX King kompresi nya berkisar 6-7 :1.. sepertinya tergolong kecil.. tapi yang pasti lebih besar dari Scorpio saya!! ato Kawasaki athlete misalnya.. Nah pernah denger Aprillia 2 Tak baik 125 / 250cc kompresinya 11-12 : 1 ?? Wah tinggi banget dong? Ternyata tidak juga, karena pabrikan Eropa menggunakan standar pengukuran yang berbeda dari pabrikan jepang.. Mereka (pabrikanotomotif eropa) menggukur rasio kompresi saat piston di TMB (full stroke) Jadi 11 : 1 nya Aprillia blom tentu lebih tinggi dari 6.7 : 1 nya Kawasaki Ninja.. Yang pasti kompresi 2 tak blom tentu lebih kecil dibanding kompresi mesin 4 tak.. | |
|
| |
erwe Moderator
Jumlah posting : 497 Points : 2311 Registration date : 10.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 12:05 am | |
| - apip wrote:
- wah gambus...
opo iki dab... aku ngerti dadi wae... xixixixixixi... Mung nambah postingan wae dab... | |
|
| |
erwe Moderator
Jumlah posting : 497 Points : 2311 Registration date : 10.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 12:10 am | |
| Hasil ngitung... kompresi dinamis tiger kurang lebih 8 : 1... Lumayan... | |
|
| |
apip Moderator
Jumlah posting : 1332 Age : 39 Location : Yogyakarta, I.D. Job/hobbies : tertawa,huahahahaha.. Points : 2587 Registration date : 06.09.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 12:23 am | |
| nek mbahas tentang bore up mau kae nang kene entuk ra dab??? | |
|
| |
erwe Moderator
Jumlah posting : 497 Points : 2311 Registration date : 10.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 12:30 am | |
| - apip wrote:
- nek mbahas tentang bore up mau kae nang kene entuk ra dab???
Oleh mas dab Apip 2010... isih nyambung koq.. | |
|
| |
apip Moderator
Jumlah posting : 1332 Age : 39 Location : Yogyakarta, I.D. Job/hobbies : tertawa,huahahahaha.. Points : 2587 Registration date : 06.09.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 12:53 am | |
| ngemut kowe we... 2010 aku wis pensiun dab... nah membahas bore up,dadi nek di bore up apa untung ruginya juragan?? | |
|
| |
bramoholic Three Stars Brother
Jumlah posting : 459 Points : 158 Registration date : 04.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 6:45 am | |
| koh we, ninja perbandingan kompresi piro? aku lagi entuk gambaran sithik masalah perkompresian bar moco postinganmu... jare kan ninja rr ki sebelum skips buka kompresine luwih gede daripada setelah skips buka? logikane piye? mungkin prinsip-e podho koyo rc valve neng nsr ya? yo podho wae ra mudhenge koh... | |
|
| |
eudea Three Stars Brother
Jumlah posting : 539 Points : 31 Registration date : 26.11.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 6:54 am | |
| nek kompresi duwur njuk ngopo koh we ? kan akeh sek nganggo piston neotech nggo tiger kae. tujuan e ben kompresine munggah. nek kompresi munggah, bbm lebih mudah terbakar po ? nek mudah terbakar, perlu penyetelan kurva pengapian meneh ra ? njuk efek e nang torsi ato power piye ? | |
|
| |
wirajaya Four Stars Brother
Jumlah posting : 2038 Age : 42 Location : near my blue pio.. Job/hobbies : home elektrik.. Points : 816 Registration date : 29.07.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 7:09 am | |
| - erwe wrote:
Mung nambah postingan wae dab... om perbedaan secara mendasar baik kompresi statis dan mendasar ada dimananya ?? trus semisal motor 2 tak di bikin kompresi bakal rusak gak ?? 2tak ane si kuning ntuh kan pakingnya dobel satu tipis n tebel.. pengen sih yang tipis tak copot.. ge nyeri busi yang kepalanga pendek bisa agak mendem.. split fire kepanjangan busine.. eh tambahan.. bout busi.. kalo bisa pake busi yang lebih panjang kedalem paling nggak 2mm.. ke kubah ruang bakar.. apa betul bos kompresi ruang bakar jadi naik ?? | |
|
| |
areyou_muttt Four Stars Brother
Jumlah posting : 1047 Age : 40 Location : minggiran country.... Job/hobbies : ngemuttttt.... Points : 297 Registration date : 01.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 7:56 am | |
| Ono ulet digawe bothok, mumet thok.... | |
|
| |
d_jackal13 Four Stars Brother
Jumlah posting : 780 Age : 40 Location : jogjakarta Job/hobbies : durung due job (halah) Points : 459 Registration date : 19.08.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 8:13 am | |
| @wirajaya, kalo kepanjangan businga di kasih ring aja masbro, mungkin bakal naek masbro, logikanya ntu busi menuh2in isi silinder kan | |
|
| |
adhiet_bandhiet Super Brother
Jumlah posting : 2646 Age : 37 Location : kasur....kasur...kasur..... Job/hobbies : mahasiswa gadungan..... Humor : apaan humor??? yah lumayan suka humor lah...hehehe Points : 3699 Registration date : 01.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 8:25 am | |
| jadi kalo badan demam harus segera di "kompresi".....
gitu ya mas erwe....
pada ngomongin apa siy????? | |
|
| |
tomkrutz Moderator
Jumlah posting : 3343 Age : 40 Location : Djogjakarta Job/hobbies : pacaran Points : 2805 Registration date : 08.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 12:36 pm | |
| siyap pak guru...
*sambil nyatet.... | |
|
| |
erwe Moderator
Jumlah posting : 497 Points : 2311 Registration date : 10.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 7:50 pm | |
| - bramoholic wrote:
- koh we, ninja perbandingan kompresi piro?
aku lagi entuk gambaran sithik masalah perkompresian bar moco postinganmu... jare kan ninja rr ki sebelum skips buka kompresine luwih gede daripada setelah skips buka? logikane piye? mungkin prinsip-e podho koyo rc valve neng nsr ya? yo podho wae ra mudhenge koh... Ninja 6.8 : 1 kompresine... Betul-betul... dadi ninja dengan SUPER KIPS, opo RC Valve opo YPVS e TZM150, kuwi kan sistem buka tutup katup nang lubang buang.. beda sistem kerja wae, super kips mekanis, nsr tzm elektrik.. Dadi saat rpm rendah katup nutup.. saat rpm tinggi katup mbuka... katup menutup sebagian dari lubang buang sekitar setengahe lah.. Dadi stroke efektif 2 tak kan pas piston wis melewati lubang buang.. misal stroke efektif e 25mm.. trus pas katup nutup (rpm rendah) misal panjang katup 5mm.. maka stroke efektif e kan njuk nambah (piston luwih mudun) dadi 25+5 mm dadi 30mm.. otomatis kompresi luwih gede... Secara garis besar mirip VVTi nang mesin mobil.. | |
|
| |
erwe Moderator
Jumlah posting : 497 Points : 2311 Registration date : 10.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 8:31 pm | |
| - wirajaya wrote:
om perbedaan secara mendasar baik kompresi statis dan mendasar ada dimananya ?? trus semisal motor 2 tak di bikin kompresi bakal rusak gak ??
2tak ane si kuning ntuh kan pakingnya dobel satu tipis n tebel.. pengen sih yang tipis tak copot.. ge nyeri busi yang kepalanga pendek bisa agak mendem.. split fire kepanjangan busine..
eh tambahan.. bout busi..
kalo bisa pake busi yang lebih panjang kedalem paling nggak 2mm.. ke kubah ruang bakar.. apa betul bos kompresi ruang bakar jadi naik ?? Jadi perbedaan mendasar kompresi statis dan dinamis tuh begini bos... Misal ada dua mesin basis sama.. Scorpio aja.. Satu mesin standar, kompresi statis kan 9.5 : 1 atau 12kgf.cm @500rpm klo dites pake kompresi tester.. (compression tester tuh alat yg handal buat membaca kompresi sebenarnya atau dinamis) Satu mesin lainnya pake piston jenong izumi, kompresi statis kan jadi 12 : 1.. nah dengan noken as standar.. maka bacaan kompresion testernya akan lbh tinggi dari 12kgf @500rpm tadi... Katakanlah jadi 14kgf @500rpm.. Akan tetapi jika noken as diganti dengan noken as yg katup buang menutup lebih lambat, katakanlah lebih lambat 20derajat.. maka klo dites pake kompresion tester bisa jadi sama dengan mesin standar yg 12kgf @500rpm.. Karena stroke efektifnya dah turun 20 derajat putaran kruk as tadi.. Tapi klo putaran mesin dah makin tinggi.. maka hasilnya akan sangat jauh berbeda... karena gas yg masuk punya gaya inersia.. Jadi inti perbedaan mendasarnya yaitu di kompresi statis, timing buka tutup klep (noken as) gak dihitung.. dihitung volumenya saat mesin ada di TMB, paling bawah.. padahal saat itu klep hisap masih membuka lebar.. (piston blom bisa mengkompresi karena silinder blom mampat). Nah kompresi dinamis itu dihitung dengan mempertimbangkan timing buka tutup noken as.. Motor 2 tak dibikin kompresi tinggi oke-oke aja bos, masalahnya baut pengikat 4 nya itu cukup kuat tidak.. ini yg sering jadi permasalahan di 2 tak.. Lagian kompresi statis yg tinggi akan mempersempit powerband bos.. jadi nafasnya pendek-pendek dan enak di rpm bawah aja.. tar si kuning ngangkat-ngangkat lagi bos tiap keluar tikungan.. Masang busi lebih dalem emang nambah kompresi bos.. tapi dikit banget koq.. cuman positifnya, api pembakaran dimulai agak lebih di tengah.. jadi agak lebih merata.. | |
|
| |
blckprd Three Stars Brother
Jumlah posting : 380 Points : 195 Registration date : 22.08.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 9:44 pm | |
| | |
|
| |
Dj Adja Moderator
Jumlah posting : 474 Age : 35 Location : Dj Ogdja Job/hobbies : Mahasiswa Doyan Mangan Points : 2024 Registration date : 03.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 10:17 pm | |
| Mas erwe nyerempet dikit yaw
dari obrolan melenceng dngan seorang dosen saya yg mbuh bengine mendem opo hehehe
kata bliau teknologi vvt-i ato sebagainya tidak lebih dari sebuah chipset pada kalkulator ilmiah harga 50k an
ini logika sderhana ato sebuah fakta yak? Thx hehehe | |
|
| |
erwe Moderator
Jumlah posting : 497 Points : 2311 Registration date : 10.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 10:55 pm | |
| - Dj Adja wrote:
- Mas erwe nyerempet dikit yaw
dari obrolan melenceng dngan seorang dosen saya yg mbuh bengine mendem opo hehehe
kata bliau teknologi vvt-i ato sebagainya tidak lebih dari sebuah chipset pada kalkulator ilmiah harga 50k an
ini logika sderhana ato sebuah fakta yak? Thx hehehe Fakta sebenarnya.. tapi itu hanya dari sisi elektronisnya saja.. Jadi VVTi itu ada tiga elemen kurang lebih.. elektronis, mekanis dan hidrolis.. Yg warna oranye itu vvti nya.. Jadi pada dasarnya vvti adalah menggeser-geser noken as sesuai kebutuhan mesin.. Menutup lebih dulu pada rpm lbh rendah, dan menutup lebih lambat pada rpm tinggi.. Jadi noken as bisa geser ke kiri dan kanan.. Jadi sisi mekanisnya adalah pergeseran noken as itu yg merubah seluruh timing buka tutup katup.. Nah bagaimana cara noken as bergeser adalah ada dua ruang di dalam housing vvti.. Biru dan pink.. Noken as bertautan langsung dengan pink, sedangkan rantai kamprat nyambung ke bagian biru... Saat VVTi gak aktif, maka area pink akan ada di plg kiri.. (ruang biru kosong) karena mengikuti putaran mesin yg ke kanan.. Lalu VVTi diaktifkan oleh rangkaian elektronik yg 50 ribuan tadi.. Rangkaian elektronik ini tak lain adalah seperti relay.. yg memberi perintah kepada katup solenoid untuk membuka dan menutup.. saat rpm tinggi dan ECU memerintahkan perangkat vvti untuk membuka solenoid (solenoid ini membuka dan menutup jalur oli), lalu oli pun mengalir ke housing oranye itu tadi.. dan memenuhi ruangan biru.. sehingga pink tergeser ke kanan.. maka berbahlah timing buka tutup klep nya.. Ini baru timing... salah satu elemen vvti.. selain timing juga maenin lift.. Seperti REV di CB400 nya pak mantan korwil.. saat rpm rendah hanya 1 klep hisap dan satu klep buang yg membuka (padahal klep nya ada 4 tiap silinder, 2 masuk, 2 buang) saat rpm tinggi maka keempat klep akan membuka.. | |
|
| |
erwe Moderator
Jumlah posting : 497 Points : 2311 Registration date : 10.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 11:05 pm | |
| Klo punya bandwith berlebih... mungkin video video ini akan banyak membantu mengerti Jak... https://www.youtube.com/watch?v=dSZXepU7Sks&feature=related https://www.youtube.com/watch?v=6AXh8O7hWU4 https://www.youtube.com/watch?v=jzWw_F47jas https://www.youtube.com/watch?v=nFvkzS2ews8 | |
|
| |
erwe Moderator
Jumlah posting : 497 Points : 2311 Registration date : 10.04.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 11:25 pm | |
| - apip wrote:
- ngemut kowe we...
2010 aku wis pensiun dab... Arep ngemut aku?? WOKEEEH! yo monggo.. NYOOH.. - apip wrote:
nah membahas bore up,dadi nek di bore up apa untung ruginya juragan?? Keuntungan jelas... Power nambah, cara memperbesar horsepower ki ora ono sing iso nglahke ngedekno cc dab.. Kerugian : - Boros.. - Karena diameter piston luwih gede, area piston sing bersentuhan karo silinder yo luwih luas... gesekan soyo akeh, powerloss yo luwih gede.. - Resiko keausan yo luwih gede.. - Powerband dadi luwih sempit.. ora iso mulur motore.. mung menang angkatan.. kecali selain bore up yo diikuti ganti noken as kro timing cdi.. - Kompresi dadi duwur.. Intine, mesin penak rpm ngisore tok.. | |
|
| |
w4hy0u Five Stars Brother
Jumlah posting : 2027 Age : 38 Location : yogyakarta Job/hobbies : mahasiswa Humor : apa ajah..... Points : 242 Registration date : 22.08.08
| Subyek: Re: Rasio Kompresi Thu Dec 18, 2008 11:37 pm | |
| - erwe wrote:
- Klo punya bandwith berlebih... mungkin video video ini akan banyak membantu mengerti Jak...
https://www.youtube.com/watch?v=dSZXepU7Sks&feature=related https://www.youtube.com/watch?v=6AXh8O7hWU4 https://www.youtube.com/watch?v=jzWw_F47jas https://www.youtube.com/watch?v=nFvkzS2ews8 wah,parah video ne pk bhs jepang... cm ntn gambar nya doank ahirnya | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: Rasio Kompresi | |
| |
|
| |
| Rasio Kompresi | |
|